Rabu, 03 Februari 2010

ANALISA KEGAGALAN DETEKTOR PADA COMPUTED TOMOGRAPHY SCANNER TYPE ADVENT HD200

ABSTRAK

Computed Tomography Scanner (CT Scanner) pertama kali dipergunakan dibidang medis sebagai alat bantu untuk mendiagnosa tubuh manusia yaitu melihat organ tubuh bagian dalam tanpa harus menjalani bedah atau operasi. Karena perkembangan dalam penggunaannya, CT Scanner bisa juga dipergunakan untuk keperluan dibidang lain, disini penulis menganalisa CT Scanner yang diaplikasikan untuk melihat bagian dalam contoh batuan (core) dari berbagai sumur minyak di Indonesia .

Analisa contoh batuan pada CT Scanner biasanya dilakukan paling awal sebelum analisa lainnya dilakukan, hal ini bertujuan untuk melihat formulasi awal susunan dan pembentuk materialnya karena CT Scanner dapat mengambil gambar dan memotong contoh batuan tersebut dititik manapun tanpa merusak contoh batuan tersebut. CT Scanner type Advent HD200 ini merupakan generasi keempat dan menggunakan 720 buah detektor jenis detektor kristal zat padat disekelilingnya yang berfungsi menerima besarnya intensitas sinar-x (x-ray) yang dipancarkan oleh tabung sinar-x (x-ray tube).

Detektor ini sangat peka dan menentukan baik buruknya pencitraan (image ) yang merupakan hasil dari pengambilan gambar (take scan) suatu obyek, oleh karena itu dibutuhkan pemeliharaan (maintenance) yang baik dan benar, juga pengetahuan yang memadai untuk menganalisa kondisi detektor tersebut apakah masih dalam keadaan baik atau sudah rusak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar