Rabu, 03 Februari 2010

CT-SCANNER PADA INDUSTRI PERMINYAKAN

Peralatan Computed Tomography (CT) Scanner pertama kali dikenal dibidang medis, bekerja dengan menggunakan sistem penyinaran untuk melihat organ tubuh manusia pada bagian dalam tanpa harus menjalani bedah atau operasi.

Pada 18 tahun yang lalu di Amerika dan di Eropa CT Scanner digunakan pula dalam industri perminyakan, yaitu untuk keperluan riset dalam simulasi aliran fluida di dalam batuan reservoar.

Ilmuwan Wang tahuun 1995 menggunakan metode ini untuk menentukan saturasi minyak pada resolusi spasial sebesar 0,1 cm. hal itu untuk menentukan karakteristik kapilar pada media porositas atau pori pada batuan dengan menggunakan dimensi spasial dalam mm dengan elemen – elemen penyusun contoh batuan yang sama.

Pada tahun 1985 ilmuwan Berchosh menguji karakteristik patahan melalui lebar, jarak, struktur geometri dan ketidaklenturan derajat kebundaran dengan menggunakan CT Scanner. Lalu pada tahun 1989 ilmuwan Hunt juga menggunakan CT Scanner untuk menganalisa kenaikan resolusi berdasarkan rekalibrasi, dengan memodifikasi scanner dan modifikasi sample.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar