Rabu, 03 Februari 2010

Delapan (8) Dimensi Mutu Produk

1. Performance

Performance adalah dimensi yang berhubungan dengan fungsi utama suatu produk. Konsumen akan sangat kecewa apabila harapan mereka terhadap dimensi ini tidak terpenuhi.

Misalnya Toyota Astra mengeluarkan produk jenis sedan adalah lebih untuk kenyamanan, seperti Camry dan Altis.

2. Feature

Feature atau fitur dapat dikatakan sebagai aspek sekunder. Untuk berbagai produk kendaraan jenis sedan, fitur menjadi target inovasi para produsen untuk memuaskan pelanggan dan merebut pasar.

Seperti pada produk keluaran terbaru Toyota Astra Motor, selalu menampilkan dan memunculkan fitur-fitur yang tidak dimiliki produk sebelumnya dan kelebihannya dibanding pesaingnya.


3. Reliability

Reliability menunjukan probabilitas produk yang gagal menjalankan fungsinya.

Produk Toyota Astra Motor seperti Yaris dikatakan mempunyai performance yang baik apabila mesinnya mampu bekerja sesuai dengan daya 1500cc yang dijanjikan dan dikatakan memiliki reliability yang baik apabila tidak pernah ngadat selama digunakan sehingga pelanggan merasa puas.

4. Conformance

Conformance yaitu sejauh mana karakteristik rancangan dan operasi memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Banyak konsumen yang puas dengan produk-produk keluaran Toyota Astra karena produk-produk yang konsisten dan selalu sama dengan standar yang telah ditetapkan dibawah pengawasan mutu yang ketat.


5. Durability
Durability terkait dengan berapa lama suatu produk dapat terus digunakan, yang mencakup umur teknis dan umur ekonomis.

Awet secara teknis contohnya adalah kendaraan produk Toyota Astra mempunyai umur produktif yang lebih panjang dan bahkan masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi dian produk sejenis lainnya.

6. Serviceability

Serviceability atau kemudahan perbaikan. Dimensi ini berkaitan dengan produk yang digunakan untuk jangka waktu lama sering harus diperbaiki atau

dipelihara dan rancangan produk yang akan memudahkan perbaikan menambah nilai produk bila penanganan masalah dapat selesai dengan waktu yang cepat.

Contohnya banyak orang memakai Toyota Kijang karena mudahnya pemeliharaan dan juga perbaikannya, ini juga disebabkan tersedianya spare part dipasaran dan dengan harga yang terjangkau.

7. Aesthetics

Merupakan keindahan yang merupakan daya tarik produk . Dimensi ini berkaitan dengan bagaimana produk dilihat, dirasakan, dan didengar.

Sangat nyata sekali terlihat bahwa produk kendaraan selain harus memenuhi aspek keindahan juga haruslah terlihat aerodinamis misalnya, dalam hal ini Toyota Astra selalu memperhatikan dimensi aesthetics.

8. Perceived Quality

Merupakan persepsi terhadap kualitas. Dimensi ini mencakup kategori reputasi merek termasuk pengaruh citra merek dan faktor-faktor tidak berwujud lainnya yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas.

Contoh merek Toyota. Di Indonesia Toyota menempati urutan teratas dalam market share, sampai saat ini persepsi masyarakat atau image terhadap Toyota memang bagus, masyarakat mengenal Toyota sebagai kendaraan yang mempunyai reputasi baik dalam hal kualitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar