Rabu, 03 Februari 2010

Pendapat / Saran Paper: An Integrated Geologic and Engineering Reservoir Characterization of the North Robertson (Clear Fork) Unit, Gaines County

“An Integrated Geologic and Engineering

Reservoir Characterization of the North Robertson (Clear Fork) Unit,

Gaines County, Texas

Studi teknik geologi / petrophysic dan reservoir telah dilakukan pada proyek waterflood matang di North Robertson (Clear Fork) Unit, Gaines County, Texas. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk mengembangkan lapangan secara deskripsi reservoir yang terintegrasi dengan target pengeboran infill dan future recovery dalam permeabilitas rendah pada reservoir karbonat. Studi geologi / petrophysic secara integrasi dan analisa kinerja reservoir menghasilkan metode cepat dan efektif untuk mengembangkan deskripsi reservoir yang komprehensif.


Deskripsi reservoir ini dapat digunakan untuk simulasi aliran reservoir, prediksi performa, infill target, waterflood manajemen, dan mengoptimalkan pengembangan sumur.

Beberapa analisis yang dilakukan dari studi ini:


• Geologi / petrophysic analisis: (data core dan data log)

ü Type batuan berdasarkan visualisasi kualitatif dan kuantitatif visualisasi dari skala pori (pore scale).

ü Reservoir rock layering berdasarkan pada tipe batuan dan unit aliran hidrolik.

ü Pengembangan core log model untuk mengestimasi permeabilitas dengan porositas dan properti lainnya baik .


• Analisis engineering: (produksi dan sej­arah injeksi, well tes)

ü Performa analisis tipe kurva material balance untuk estimasi volume total reservoir, karateristik formation flow (flow capacity, skin factor, dan fracture half-length), dan indikasi batas interferensi antar sumur

ü Estimasi Analisis ultimate recovery volume moveable oil / injectable water maupun indikasi batas interferensi antar sumur

ü Well test yang menggambarkan estimasi flow capacity, indikasi formation damages atau stimulation dan estimasi drainage / injection volume pressure.

Karakteristik umum reservoir North Robertson (Clear Fork) Unit (Pande, 1995)adalah sebagai berikut :

ü High degree areal dan vertical heterogeneity dengan porositas yang rendah & permeabilitas yang rendah.

ü Kompartemen reservoir yang menyebabkan kontinuitas aliran reservoir unit yang tidak baik, secara vertical maupun lateral dan efisiensi pengurasan yang tidak baik pula.

ü Kurang menyeimbangkan Injeksi dan pada tingkat produksi, early water breakthrough, fluida dan tekanan dalam komunikasi yang tidak baik

ü Porositas dan saturasi tidak mencerminkan kualitas dan performa reservoir secara tepat dan akurat.

Ditinjau dari latar belakang sejarahnya, NRU terletak di Gaines County, Texas barat, di timur laut margin, Central Basin Platform. Hidrokarbon-bearing interval memanjang dari dasar Glorieta ke dasar Clear Fork yang rendah, antara korelatif kedalaman sekitar 6.160 dan 7.200 kaki (1878 dan 2196 m). Total 270 sumur (November 1996). Ini termasuk 156 sumur yang masih produksi, 113 sumur injeksi aktif, dan 1 fresh water supply.

Sejarah Pengembangan dan Produksi NRU secara singkat adalah sebagai berikut, produksi dari daerah lapangan Robertson Utara dimulai pada awal 1950-an dengan 40-ac (16-ha) pembangunan utama. 40-ac merupakan pembangunan utama dengan 141 sumur produksi pada tahun 1965. NRU efektif dibentuk Maret 1987 untuk tujuan melaksanakan waterflood dan operasi pengeboran infill, dan nominal spasi juga berkurang dari 40 ac (16 ha) menjadi 20 ac (8 ha). Secondary recovery operations dimulai setelah unitilisasi dan dalam hubungannya dengan pengeboran infill. Sebagian besar dari 20-ac (8-ha) pengeboran infill selesai antara unitisasi dan akhir 1991.


Konfigurasi sumur di NRU adalah drive pattern barat-timur (staggered 5-spot), dan dikembangkan untuk tekanan optimal injectivity dan pressure support. Sweep efisiensi adalah sulit diukur karena perbedaan dalam lingkungan depositional /pengendapan seluruh unit. Untungnya, perbedaan-perbedaan ini dapat dengan mudah diidentifikasi berdasarkan jenis batuan reservoir.

Metodologi karakterisasi reservoir dari data geologi / petrophysic meliputi (Davies dan Vessell, 1996a, b) :

ü Pemodelan system pengendapan dan diagenesa reservoir

ü Definisi tipe batuan berdasarkan pore geometry dan pemodelan rock – log

ü Ekstension tipe batuan yang tidak mempunyai data core menggunakan model rock-log

ü Definisi flow unit dan cross flow barrier

ü Pemetaan parameter reservoir (peta ketebalan, porositas, permeabilitas, dan hydrocarbon pore volume dan tipe batuan dari masing-masing flow unit.

Sebagai hasil dari study ini adalah untuk mengidentifikasi biaya dan metode yang efektif untuk eksploitasi dangkal dari reservoir karbonat. Teknik-teknik dan rumus-rumus yang diuraikan dalam deskripsi reservoir terpadu berlaku untuk semua reservoir minyak dan gas, tetapi secara khusus dirancang untuk digunakan pada kondisi heterogen,permeabilitas rendah pada reservoir karbonat Texas Barat.

Perangkap hidrokarbon dari jenis batuan karbonat banyak ditemukan di Indonesia. Sebagai reservoir, batuan ini terdapat jauh dibawah permukaan bumi (ribuan meter) yang menyebabkan terbatasnya studi yang bisa dilakukan, oleh karena itu paper ini layak dan direkomendasikan penerapannya di Indonesia khususnya pada sumur–sumur yang sudah mature.

Pentingnya aspek karakterisasi reservoir berdasarkan integrasi data geologi / petrofisika dan data reservoir engineering untuk kepentingan optimalisasi pengembangan lapangan sebagai upaya memaksimalkan recovery, meminimalkan resiko kegagalan dan meningkatkan success ratio serta efisiensi biaya, sehingga diperoleh suatu indikator keekonomian yang maksimal dan menguntungkan tentunya.

LEMIGAS sebagai lembaga plat merah,lembaga penelitian dan pengembangan minyak di Indonesia wajib menyediakan data khususnya karena faktor yang perlu dipertimbangkan salah satunya adalah ketersediaan data geologi/petrophysic terkait dengan identifikasi properties reservoir secara fisik dan data engineering terkait dengan data performa flow unit reservoir dan hubungan masing-masing titik serapan, dan juga wajib melakukan study dan kajian diwilayah Indonesia baik pada karbonat reservoir maupun batuan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar